News Update :

Video Aneh & Lucu

Aneh & Unik

Kesehatan

Serba Serbi

Video Lucu Banget Bikin Kamu Ketawa Ngakak

Sunday, July 9, 2017 2:19 AM


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah kumpulan video lucu yang akan membuat kamu ngakak gak abis abis deh...mau tau ? lihat videonya dibawah ini ya...





Cara Membuat Pancake yang Enak dan Mudah

Monday, November 21, 2016 2:21 AM




Cara membuat pancake sekarang ini mungkin sudah menjadi pertanyaan banyak orang yang menyukai pancake. Sebenarnya cara membuat pancake itu cukup mudah sekali asalkan anda memupunyai keinginan yang kuat dan bersabar. 

Pancake memang sangat cocok untuk hidangan keluarga. Terlebih lagi bila dikonsumsi pada waktu sarapan pagi, pancake akan terasa lebih nikmat. Untuk anda yang sangat ingin sekali membuat pancake pasti sering bertanya – tanya bagaimana sih cara membuat pancake yang enak dan mudah itu. Atau mungkin punya keinginan untuk membuat pancake bagi keluarga atau teman – teman. Untuk menjawab semua pertanyaan yang mungkin anda ajukan, saya akan berikan resep dan langkah – langkah membuat pancake.

Bahan - bahan Membuat Pancake
  • 100 gr tepung terigu
  • 250 ml susu cair
  • 1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
  • Garam secukupnya
  • Sedikit margarin untuk olesan
  • Es Krim atau Sirup Maple ( untuk topping )

    Cara Membuat Pancake

    1. Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur dan susu dengan ballon whisk sampai rata atau bisa menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah (kalau tidak punya ballon whisk dan mixer, bisa juga menggunakan spatula kayu)
    2. Kocok putih telur sampai kaku. Bisa menggunakan garpu maupun ballon whisk.
    3. Kemudian masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk rata. Nah dalam mencampur adonan tepung dengan putih telur, bisa juga menggunakan tehnik pancing. Dengan cara mengambil sedikit putih telur dan campurkan ke dalam terigu, aduk rata. tambah sedikit demi sedikit. Kemudian baru masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Langkah ini untuk menghindari putih telur yang bergerindil.
    4. Panaskan teflon diameter paling kecil (yang untuk bikin telor ceplok), oles dengan margarin, kecilkan api. Bisa juga menggunakan teflon ukuran standar.
    5. Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, tutup sebentar
    6. Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya

    Tips Membuat Pancake yang Enak

    1. Kunci utama kenapa pancake diatas bisa lembut teksturnya walaupun tanpa menggunakan buttermilk adalah pada pemisahan kuning telur dengan putih telurnya.
    2. Untuk mendapatkan pancake yang lebih manis bisa menambahkan 1 sendok makan gula pasir yang diaduk bersama dengan terigu, garam, kuning telur, dan susu.
    3. Bila tidak punya wajan teflon seukuran telur ceplok, bisa mneggunakan wajan teflon biasa walaupun nanti bentuk pancakenya menjadi tidak seragam. Atau bisa juga menggunakan ring/cetakan pancake seperti bentuk bulat, bintang, dll.
    4. Pancake ini sangat enak bila disajikan hangat-hangat.

    Makan Pancake dengan Puding

    Demikianlah panduan atau langkah – langkah cara membuat pancake sederhana yang dapat anda praktekkan secara langsung untuk sajian istimewa, sarapan pagi atau untuk camilan keluarga. Sedikit pengalaman dari saya kalau mengkonsumsi pancake akan lebih mengasyikkan dan nikmat bila disajikan dengan puding agar – agar. 

    Cara Menghilangkan Bau Kaki Yang Tak Sedap dan Membandel

    Sunday, November 20, 2016 3:36 AM




    Cara Menghilangkan Bau Kaki apabila kita perhatikan akan terlihat terkesan sepele dan bukan hal yang penting. Namun jika kaki anda berbau tentu saja akan menimbulkan berbagai masalah. Terlebih jika anda harus membuka sepatu di tengah aktivitas bersama teman-teman maupun orang banyak. Bau kaki yang tak sedap bukan saja akan menyebabkan kita merasa minder dan salah tingkah namun juga dapat menghambat pergaulan.
    Problem bau kaki memang tidak mengenal usia. Dari anak-anak, remaja, hingga orang tua bisa mengalami masalah ini. Umumnya bau tak sedap yang keluar dari kaki lebih disebabkan oleh terhambatnya sirkulasi udara akibat sepatu atau kaos kaki yang terlalu rapat menutup kaki dalam waktu yang relatif lama. Akibatnya keringat yng keluar dari kaki tidak bisa menguap
    Namun bau tak sedap itu sendiri muncul bukan karena keringat yang keluar di kaki. Problem bau kaki terjadi karena adanya bakteri yang ikut menunggangi keringat yang tak bisa menguap tersebut. Kondisi kaki yang lembab itulah yang menyebabkannya menjadi sasaran empuk bakteri.
    Bau kaki tak sedap bukanlah masalah serius yang layak membuat anda bingung. Ada berbagai cara menghilangkan bau kaki yang mudah dan simpel yang bisa anda kerjakan, antara lain:
    1. Pilih Kaos Kaki Bahan Lembut
    Jika anda sering mengenakan sepatu atau alas kaki tertutup, pilihlah kaos kaki dengan bahan yang halus yang mudah menyerap keringat. Bahan katun atau sutera tentunya sangat memadai dalam menjaga kaki tetap kering. Sebaiknya hindari menggunakan kaos kaki lebih dari sehari untuk mencegah bakteri mudah datang pada kaki yang mudah berkeringat.

    2. Pilih Sepatu Yang Longgar Dan Berongga
    Pemilihan terhadap sepatu yang sehat untuk kaki juga merupakan cara menghilangkan bau kaki yang cukup efektif. Sepatu yang sehat dan baik adalah yang memberikan sirkulasi udara pada kaki. Ukuran sepatu juga jangan terlalu sempit yang justru akan mengkondisikan kelembaban pada kaki.

    3. Gunakan Bedak Antiseptik
    Jika kaki anda termasuk mudah mengeluarkan keringat, sebaiknya gunakan bedak antiseptik atau bedak yang biasa digunakan untuk biang keringat sebelum anda mengenakan kaos kaki dan sepatu. Caranya, taburkan saja bedak pada kaki yang telah dikeringkan terutama pada sela jari kaki sebelum memakai kaos kaki.

    4. Cucilah Kaki dengan Air Garam
    Untuk mengurangi bau kaki tak sedap, sering-seringlah merendam kaki dalam air yang dicampur dengan garam selama sekitar 20 menit. Lakukan cara ini begitu tiba di rumah setelah mengenakan sepatu dalam waktu yang lama di sekolah atau di kantor. Air garam sangat baik untuk menghalau kutu air dan membuat kaki lebih sehat tanpa bau.

    5. Rendam Kaki dalam Air Lemon Tea
    Lemon ternyata tak hanya nikmat saat diminum namun juga efektif untuk menghalau bau kaki tak sedap. Namun agar tidak boros gunakan saja teh bekas rendaman yang telah basi dan tambahkan jeruk lemon dengan air untuk merendam kaki. Lakukan cara menghilangkan bau kaki ini setidaknya sekali seminggu, termausk untuk memelihara kesehatan kaki.

    Itulah sedikit tips Cara Menghilangkan Bau Kaki Yang Tak Sedap dan Membandel semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

    Cara Membuat Kue Bolu Gulung yang Enak

    Wednesday, November 16, 2016 9:22 PM




    Kue bolu atau cake merupakan salah satu jenis kue yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, karena dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang mantap, sehingga membuat kita menjadi ketagihan untuk mencobanya. Kue bolu mempunyai bentuk dan rasa yang beraneka ragam, mulai dari kue bolu coklat, kue bolu keju, kue bolu pandan, kue bolu marmer dan berbagai jenis kue bolu lainnya yang sayang untuk dilewatkan.


    Cara membuat bolu gulung empuk dan lembut dari Mba Sifa ini patut dicoba, kalo saya suka banget klo diolesi selai strawberry lebih yummy ada asem-asem seger dari strawberrynya...kalo anda seneng pake apa???silahkan coba ya


    Bahan-bahan

    1. 50 mili liter untuk santan
    2. 1 sendok teh untuk pandan pasta
    3. 2 butir untuk telur ayam
    4. 50 gram untuk tepung terigu berprotein sedang
    5. 50 gram untuk gula pasir
    6. 1 sendok teh untuk cake emulsifier
    7. secukupnya buttercream

    Langkah

    1. Pertama anda harus mengocok telur, gula pasir serta cake empulsifier. Kocok sampai mengembang dan berbusa.
    2. Proses berikutnya tambahkan tepung terigu, lalu kocok lagi sampai benar-benar rata.
    3. Sekarang giliran santannya yang di tuang pada adonan tersebut, lalu tambahkan juga pandan oasta. aduk kembali sampai menyatu semuanya.
    4. Silahkan siapkan loyang dengan di olesi margarin serta ada taburan tepung terigu.
    5. Tuang dan ratakan adonan pada loyang tersebut, kemudian panggang dalam oven uang dan ratakan adonan pada loyang tersebut, kemudian panggang dalam oven dengan suhu 220 derajat celcius.
    6. Jangan sampai terlalu kering memanggangnya karena nanti akan susah saat proses menggulung.
    7. Jika sudah terasa matang masak silahkan angkat, lalu balikkan di atas kertas roti dan silahkan olesi dengan butter cream ataupun aneka rasa selai sesuai selera.
    8. Terakhir gulung secara pelan-pelan dan padatkan. Maka selesailah sudah pembuatan kue bolu kita kali ini.
    Demikian sedikit tips dan trik Cara Membuat Kue Bolu Gulung yang Enak semoga bisa bermanfaat.

    Ternyata Daging Merah Bisa Memicu Kanker, Inilah Penyebabnya !

    Tuesday, November 15, 2016 11:05 PM




    Telah banyak penelitian yang menemukan antara kaitan daging merah dengan risiko kanker. World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia pun menempatkan daging merah yang diproses, seperti sosis dan bacon, ke dalam daftar makanan yang bersifat karsinogen.
    Ketua Yayasan Kanker Indonesia Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo menuturkan, konsumsi daging merah yang berlebihan dalam waktu lama memang dikhawatirkan bisa memicu kanker. Terutama, daging merah yang dimasak terlalu matang atau sampai gosong, baik karena dibakar atau digoreng.
    "Jadi bukan soal dibakar pakai areng. Akibat dipanasi terlalu lama, zat pada daging berubah jadi zat yang bersifat karsinogenik." kata Aru di sela-sela program edukasi Garuda Indonesia Peduli Kanker Serviks dan HIV/AIDS di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (10/11/2016).
    Dalam penelitian di Amerika Serikat, daging merah dikatakan bisa memicu terbentuknya sel kanker karena mengandung molekul Neu5Gc. Molekul tersebut banyak ditemukan di daging sapi, babi dan domba.
    Konsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh. Dalam jangka panjang, dapat membentuk sel-sel abnormal di tubuh. Namun, penelitian mengenai daging merah maupun daging merah olahan sebagai salah satu pemicu kanker pun masih terus dilakukan.
    Menurut Aru, bukan berarti tidak boleh konsumsi daging merah. Yang terpenting, jangan makan daging merah yang terlalu matang atau gosong dalam jumlah berlebihan.
    Hal senada dikatakan dokter kanker anak Anky Tri Rini KE. Namun, daging merah juga bukan satu-satunya makanan yang memicu kanker. Menurut Anky, hindari juga makanan berpengawet dan menggunakan pewarna buatan.
    Selain itu, hindari konsumsi makanan atau minuman panas menggunakan plastik melanin. Plastik bisa bereaksi dengan panas menjadi zat kimia yang membahayakan tubuh.
    Jangan lupa, masih banyak faktor lain yang bisa membentuk sel kanker, seperti merokok, kegemukan, jarang olahraga, hingga genetik.

    Cara Mengatasi atau Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dan Ampuh

    10:54 PM



    Cara Mengobati atau mengatasi Sakit Gigi mungkin banyak sekali yang sedang mencari artikel tersebut, Gangguan pada mulut salah satunya adalah sakit gigi. Banyak yang jadi penyebab mengapa seseorang terkena sakit gigi. Beberapa faktor diantaranya adalah kerusakan yang terjadi pada gigi dan sekitar gigi, seperti iritasi akar gigi, sindrom gigi retak, erosi gigi, dan gangguan lainnya pada rongga gigi.
    Sakit gigi bisa menimpa berbagai usia, dari mulai anak-anak, dewasa hingga lanjut usia. Sakit gigi tentu saja akan mengganggu aktivitas rutin sehari-hari. Jika sakit gigi menimpa seseorang akan sangat menyiksa seperti tidak bisa tidur, tidak enak minum. Mengkonsumsi makanan juga menjadi tidak enak. Namun tentu saja makan harus tetap menjadi aktivitas wajib yang tak boleh terlewatkan meskipun sedang sakit gigi dikarenakan tubuh membutuhkan asupan nutrisi. Apabila dibiarkan dalam kondisi tertentu sakit gigi bisa menyebabkan gusi bengkak.
    Gigi merupakan salahsatu organ penting untuk meghaluskan makanan yang kemudian dicerna oleh pencernaan. Gigi juga sebenarnya mempunyai pelindung agar tidak terjadi kerusakan pada gigi, disebut juga email gigi. Namun, jika kebiasaan mengkonsumsi manis terlalu berlebihan dan tindakan seperti menggosok gigi dengan teratur diabaikan maka tetap saja gigi bisa berlubang. Jadi untuk penggemar makanan serba manis harus hati-hati. Makanan manis yang biasanya banyak digemari dan dapat merusak gigi adalah cokelat, kue manis, permen dan masih banyak makanan-makanan manis lainnya.
    Masalah sakit gigi yang menimpa seseorang biasanya dikarenakan gigi berlubang. Meskipun demikian, kerusakan gigi tentu saja bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan sehat untuk merawat gigi, yaitu menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Mengurangi makanan yang dapat menimbulkan kerusakan gigi, dan menggunakan produk yang bisa mencegah dari kerusakan gigi.
    Dibawah ini merupakan cara ampuh mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Baik anak-anak ataupun dewasa dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami tradisional dibawah ini untuk menyembuhkan sakit gigi. Penggunaan bahan alami dibawah ini bisa saja mengobati dengan cepat atau bahkan agak lambat. Bahan-bahan alami dibawah ini murah dan sangat mudah didapatkan disekitar lingkungan Anda. Simak cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami tradisional !
    1. Bawang Putih
    Bawang putih merupakan salahsatu bahan alami yang mudah didapatkan dan salahsatu khasiatnya yaitu dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang. Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati beberapa penyakit (baca: manfaat bawang putih) Jika digunakan untuk mengobati sakit gigi, caranya sangat mudah, yakni dengan menghaluskan satu siung bawang putih kemudian campurkan sedikit garam pada bawang putih yang telah dihaluskan terbut. Lalu campuran antara bawang putih dan garam ini dikunyah tepat pada bagian gigi berlubang hingga sakit gigi menghilang. Setelah melakukan cara ini, Anda bisa menggunakan campuran air hangat dan garam untuk berkumur. Penggunaan bawang putih sebagai obat ini karena bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan dapat membunuh kuman yang ada pada gigi, selain itu bawang putih sangat mudah didapatkan.
    2. Jeruk Nipis
    Air perasan jeruk nipis menjadi bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Selain kandungan vitamin C yang ada didalam jeruk nipis, bahan alami ini juga dappat meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah yakni dengan menggunakan air perasan jeruk nipis, kemudian air perasan digunakan secukupnya. Lalu air perasan tersebut dilumurkan pada gigi yang berlubang secukupnya setiap 10-15 menit sekali. Anda bisa melakukan cara ini hingga rasa nyeri yang disebabkan sakit gigi menghilang.
    3. Cengkeh
    Kandungan anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-oksidan dan anestesi yang terdapat pada cengkeh dapat membantu mengurangi sakit gigi. Caranya sangat mudah yakni dengan meneteskan sedikit minyak cengkeh menggunakan kapas kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Selain itu Anda juga bisa menggunakan gelas yang diisi minyak cengkeh dan menggunakannya untuk berkumur.
    4. Bawang Merah
    Bahan alami untuk mengobati sakit gigi selanjutnya yaitu bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan anti-mikroba dan anti-septik sehingga bisa berfungsi untuk mengontrol sakit gigi. Gunakan satu siung bawang merah yang masih mentah lalu kunyah dalam beberapa saat untuk meredakan sakit gigi. Namun, apabila tidak bisa mengunyahnya Anda bisa menggunakan sepotong bawang merah mentah yang kemudian dioleskan pada bagian gigi yang sakit. Dengan menggunakan bawang merah dapat mematikan kuman yang dapat menyebabkan infkesi didalam mulut.
    5. Merica
    Merica bisa digunakan ketika gigi menjadi lebih sensitif. Anda bisa menggunakan merica dan garam dengan jumlah yang sama kemudian Anda campurkan dengan beberapa tetes air sehingga menjadi bentuk pasta. Kemudian Anda bisa menggunakan pasta ini sebagai obat pereda gigi yang sakit dengan cara mengoleskan pada bagian gigi yang sakit dan didamkan selama beberapa menit. Penggunaan cara seperti ini bisa Anda gunakan secara rutin dalam beberapa hari untuk mengatasi sakit gigi berlubang.
    6. Air Garam Hangat
    Anda bisa membantu mengobati sakit gigi dengan menggunakan segelas air hangat dengan campuran garam. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan mencampur setengah sendok garam kedalam segelas air hangat kemudian gunakan air campuran ini untuk berkumur secara menyeluruh. Selain itu, cara ini bisa membantu untuk mengurangi terjadinya pembengkakan dan peradangan dan sekaligus melawan bakteri yang bisa menjadi penyebab infeksi.
    7. Daun Jamu Biji
    Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk membantu meringankan sakit gigi, karena mememiliki kandungan anti-inflamasi, analgesik, dan juga sifat anti-mikroba. Cara penggunaanya yaitu dengan mengunyah satu atau dua lembah daun dan tunggu hingga khasiatnya bekerja. Selain itu, Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus 4 hingga 5 daun jambu biji, kemudian Anda bisa menambahkan garam, apabila sudah tidak panas air hasil resbusan tadi bisa digunakan untuk berkumur.
    8. Jus Wheatgrass
    Wheatgrass mempunyai sifat alami anti-bakteri dan bisa membantu dalam melawan kerusakan gigi yang terjadi selain itu membantu mengobati sakit gigi. Hasil ekstrak dari jus wheatgrass dapat digunakan sebagai obat kumur. Selain itu, jus ini bisa menyerap racun pada bagian gusi, dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan juga mengontrol infeksi. Anda bisa mengunyah wheatgrass jika ingin mencobanya.
    Demikian sedikit informasi mengenai cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami tradisional. Tentu saja pengobatan semacam ini hanya untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh permasalahan yang ada pada gigi. Untuk perawatan lebih lanjut mengenai permasalahan gigi yang lebih serius, Anda alami bisa mengkonsultasikannya dengan dokter ahli.

    Inilah 5 Fakta 'Mengejutkan' Terkait Supermoon 14 November 2016

    10:21 PM




    Fenomena langit supermoon kembali dapat disaksikan pada 14 November 2016. Saat itu, Bulan akan terlihat paling besar dan terang dalam kurun 70 tahun terakhir.

    Pastikan Anda tak melewatkan peristiwa tersebut, karena Bulan tak akan berada di jarak sedekat itu hingga 25 November 2034.

    Seperti dilansir Space.com, astronom di Slooh Community Observatory, Bob Breman, mengatakan bahwa bulan purnama itu tak hanya menjadi supermoon yang terdekat dan tercerah selama 2016, tapi juga terbesar sejak 1948.

    Supermoon terjadi ketika Bulan mencapai fase penuhnya--Bulan purnama--dan berada di titik terdekat dengan Bumi. Hal tersebut membuat Bulan terlihat lebih besar dan terang dibanding dengan purnama.
    Ternyata, terdapat fakta mengejutkan mengenai supermoon yang patut kita ketahui. Dikutip dari Space.com, Minggu (13/11/2016), berikut 5 di antaranya:

    1. Bulan Tak Terlihat Begitu Beda

    Meski menurut peneliti supermoon akan membuat Bulan 15 persen lebih besar dan 16 persen lebih terang dari bulan purnama biasa, rata-rata astronom amatir tidak akan melihat banyak perbedaan.
    "Itu tidak cukup untuk melihat perbedaannya, kecuali Anda benar-benar memperhatikan," ujar editor senior pada majalah Sky & Telescope, Alan MacRobert dalam sebuah pernyataan.

    Namun ada kemungkinan bahwa bulan akan terlihat sangat besar jika Anda melihatnya di dekat ufuk atau kaki langit, di mana efek tersebut dikenal dengan nama "Ilusi Bulan".

    Ilmuwan berpendapat bahwa penampakan tersebut terjadi karena mereka yang melihatnya dapat dengan mudah membandingkan Bulan dengan bangunan di dekatnya. Alasan lain adalah karena otak manusia memproses obyek di ufuk lebih besar daripada obyek dengan ukuran serupa di langit.


    2. Ombak Akan Lebih Tinggi

    Mereka yang tinggal di dekat laut akan mengalami pasang surut yang lebih besar dari biasanya, layaknya "pasang purnama" yang terjadi saat fase Bulan berada dalam fase baru atau penuh.

    Hal itu disebabkan karena Matahari, Bumi, dan Bulan akan berada dalam satu garis selaras, dan tarikan gravitasi kedua benda angkasa luar itu yang menyebabkan ombak di Bumi akan lebih tinggi.
    Sky & Telescope memperkirakan, pasang akan mengalami kenaikan sekitar 5 cm saat terjadi supermoon 14 November.


    3. Supermoon Terjadi 3 Kali pada 2016

    Para pengamat langit yang beruntung akan dapat melihat tiga supermoon sekaligus untuk menutup 2016. Sementara supermoon pada Oktober sudah berlalu, masih terdapat dua supermoon lain yang terjadi pada 14 November dan 13 Desember.

    Hal tersebut dapat disebut peristiwa langka, karena biasanya supermoon terjadi satu kali setiap 13 bulan.

    Meski Bulan tampak indah pada fenomena supermoon, namun para pengamat langit akan kesulitan untuk melihat obyek seperti nebula, galaksi, atau meteor karena terhalang oleh Bulan yang bersinar terang.

    4. Supermoon 14 November Jadi Salah Satu yang Paling Terang

    Jika Anda pernah melihat supermoon sebelumnya, jangan sampai melewatkan fenomena itu 14 November 2016.

    Seperti telah disebutkan sebelumnya, supermoon 14 November akan menjadi yang paling terang sejak 1948. NASA juga menyebut, fenomena itu baru akan terjadi lagi pada 25 November 2034.

    Untuk menyaksikan fenomena itu, Anda tak perlu menggunakan teleskop karena supermoon bisa disaksikan dengan mata telanjang. Dikutip dari Conde Nast Traveler,untuk mendapatkan pemandangan terbaik, coba hindari polusi cahaya karena kecerahan Bulan dapat terhalang oleh lampu kota atau awan.

    5. Bulan Purnama Tak Persis Sejajar dengan Bumi dan Matahari

    Bulan purnama terjadi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis, di mana Bumi terletak di tengah.

    Namun secara geometris, ketiganya tak berada sama persis dalam satu garis lurus. Bumi tidak sepenuhnya menghalangi sinar Matahari untuk dipantulkan Bulan.

    Matahari, Bumi, dan Bulan sesekali berada di dalam satu garis lurus, di mana peristiwa tersebut menyebabkan gerhana Bulan total. Tak ada gerhana bulan total yang terjadi pada 2017, namun para pengamat langit di Amerika Serikat dapat melihat gerhana Bulan total atau sebagian pada 21 Agustus 2017.

    Tips & Trik

    Sains & Tekno

    Berita

     

    © Copyright 2016